Belotti Yang Makin Membuat Kita Jatuh Hati

Di era 90-an, kita bisa melihat berbagai cara selebrasi gol yang ikonik dari para striker ternama. Mulai dari gaya pesawat terbang ala Vincenzo Montella, gaya menembak dengan senapan mesin ala Gabriel Batistuta, gaya menimang bayi ala Bebeto, hingga gaya mengangkat tangan ala Alan Shearer.

Beberapa gaya selebrasi tersebut bahkan menjadi julukan bagi sang striker, contohnya saja Montella yang bergelar L’Aeroplanino. Sebuah kebanggan tersendiri tentunya, karena julukan umumnya berasal dari kebiasaan seseorang, dan bagi seorang striker, mempunyai kebiasaan ‘sering mencetak gol’ tentu sangatlah berharga, baik bagi dirinya sendiri dan klub yang menaunginya.

Hal ini pula yang kini berlaku pada Andrea Belotti. Ia dijuluki Gallo, yang dalam bahasa Italia berarti ayam jago. Hal ini dikarenakan jika ia mencetak gol, ia akan berlari sambil menaruh salah satu tangannya yang terbuka di jidatnya, menirukan jengger seekor ayam jago. Pada awalnya, Belotti melakukan gaya selebrasi itu karena seorang teman masa kecilnya yang dipanggil ‘Gallo’ memintanya untuk bergaya seperti itu saat mencetak gol. Namun kini, seperti Montella dulu, ia pun resmi mendapat julukan seperti itu dikarenakan semakin seringnya ia mencetak gol, seolah telah menjadi sebuah kebiasaan.

Striker berusia 23 tahun itu pun kembali menunjukkan ‘kebiasaan’ itu saat mencetak hat-trick melawan mantan klubnya, Palermo pada hari Minggu, 5 Maret lalu. Tak ada selebrasi ayam jago kali ini, mengingat lawannya adalah klub yang pernah membesarkannya. Namun highlight-nya bukan itu, melainkan hattrick-nya yang luar biasa, karena Belotti melakukannya hanya dalam waktu 7 menit 15 detik. Ini merupakan hattrick tercepat di Serie A Italia sejak legenda AC Milan, Andriy Shevchenko melakukannya di tahun 2000.

Yang paling menakjubkan, ketiga gol tersebut berasal dari umpan bola mati (1 tendangan penjuru dan 2 tendangan bebas), dan langsung menuju Belotti. Ketiga gol tersebut juga dicetak olehnya hanya dengan satu sentuhan saja. Hal ini menunjukkan bahwa Belotti didukung oleh rekan-rekan yang memahami gaya bermainnya, selain juga Sinisa Mihajlovic yang tahu bagaimana memanfaatkan potensi Belotti.

Selain itu, gol-golnya ke gawang Palermo juga membuktikan bahwa ia mempunyai insting yang tajam sebagai seorang targetman, terutama dalam hal finishing, positioning dan kemampuan membaca arah bola yang datang. Sebuah hal yang dimiliki berkat kerja keras dalam latihan.

Dengan hat-tricknya ke gawang Palermo, yang merupakan hattrick keduanya musim ini, Belotti sudah berhasil mencetak 24 gol di segala kompetisi, 22 diantaranya di Serie A. Kini ia pun juga memuncaki daftar top skor Serie A sendirian, dan diharapkan publik Italia akan terus berlanjut sampai akhir musim.

Harganya yang meningkat

Pada Desember tahun lalu, Belotti memperpanjang kontraknya bersama Torino sampai tahun 2021. Memperpanjang kontrak adalah hal yang wajar, tapi tidak jika melihat klausul pelepasannya. Torino hanya melepasnya dengan angka minimal 100 juta Euro, dan harga tersebut berlaku untuk klub-klub asing. Sebuah harga yang saat ini hanya bisa ditebus oleh klub-klub kaya Eropa saja.

Arsenal pun kabarnya pernah menghubungi Torino pada bursa transfer Januari lalu, namun harga yang ditawarkan tak sesuai harapan. Bahkan Arsenal bisa semakin kesulitan menebusnya jika masih bersikap ‘pelit’, karena setelah partai melawan Palermo, Urbano Cairo, chairman Torino, mengatakan pada Skysports jika ia bisa mengubah angka di kontrak Belotti, nilainya saat ini adalah 150 juta Euro!

urbano-cairo-250713-getty_0
Dengan ringannya ia menyebut angka 150 juta Euro. Tentu tidak ringan untuk Chelsea sekalipun. (Foto: alchetron.com)

Memang, dengan pencapaiannya musim ini, ia sudah menunjukkan bahwa ia bukan lagi seorang wonderkid, namun sudah berubah menjadi bomber kelas atas Italia semenjak usia muda, layaknya Christian Vieri dan Filippo Inzaghi.

Bukan penendang penalti yang baik

Setiap striker pasti punya kelemahan, dan untuk Belotti, saat ini yang paling terlihat adalah kemampuannya sebagai eksekutor penalti. Dikutip dari transfermarkt, sejak melakukan debut di Serie A pada tahun 2014, ia hanya berhasil mengubah 6 dari 10 penalti yang dipercayakan padanya menjadi gol. Memang, jumlah penalti yang ia ambil masih tergolong sedikit, namun melihat persentase keberhasilannya, hal ini tentu menjadi sebuah evaluasi baginya. Bahkan, 3 dari 4 penalti yang gagal menjadi gol sepanjang karirnya terjadi pada musim ini, 2 dua diantaranya terjadi dalam 2 partai beruntun! Hal ini menjadi sebuah keanehan tersendiri di tengah-tengah kesuksesannya.

gianluigi-donnarumma-saves-penalty-vs-torino-august-2016
Di menit 90+5, Belotti gagal menaklukkan kompatriotnya di timnas, Donnarumma. (Foto: 101greatgoals.com)

Musim ini Belotti sudah menendang penalti sebanyak 4 kali, dan hanya satu yang berhasil. Akibatnya, ia pun tidak menjadi eksekutor penalti utama di Torino. Hal ini tentu harus diperbaiki oleh Belotti, agar ketika ia kembali mendapat kesempatan sebagai eksekutor di masa depan, penalti tersebut tak terbuang percuma. Seorang pemain besar tentu harus bisa diandalkan dalam mengeksekusi penalti, apalagi jika berada dalam situasi genting, seperti menit-menit akhir pertandingan ataupun babak adu penalti.

Harapan Italia untuk berjaya di dunia

Pencapaian Belotti sampai saat ini juga menjadi sebuah penyegaran bagi timnas Italia yang beberapa tahun belakangan kesulitan mencari penyerang tajam yang konsisten. Apalagi klub-klub besar di Serie A seringkali memakai jasa striker asing, seperti Gonzalo Higuain, Mauro Icardi, Carlos Bacca, hingga Edin Dzeko. Ia pun kini menjadi andalan allenatore Gian Piero Ventura dalam perjalanan Gli Azzurri ke Piala Dunia 2018.

Sejauh ini, ia sudah membukukan caps sebanyak 5 kali dan mencetak 3 gol. Sebuah rasio gol yang bagus sejauh ini, dan harus dipertahankan Belotti jika ingin terus dipercaya oleh Ventura. Apalagi Italia segrup dengan raksasa Eropa lainnya, Spanyol. Italia tentu berharap besar pada Belotti agar mereka bisa lolos langsung ke Rusia, tanpa melalui babak play-off.

3a4fe63a00000578-0-image-a-19_1478986595454
Duet masa depan Gli Azzurri. (Foto: getty images)

Bukan usaha yang mudah memang, namun dengan munculnya Belotti, bersama dengan Ciro Immobile di daftar 5 besar top skor Serie A musim ini, diharapkan Gli Azzurri bisa mengandalkan mereka dalam usaha merebut gelar Piala Dunia yang ke-5 di Rusia nanti.

***

Belotti sudah menancapkan namanya sebagai striker kenamaan Italia sekarang ini. Ia pun sudah berhasil membuat para suporter Torino dan timnas Italia di seluruh dunia semakin jatuh hati padanya.

Memang, ia mungkin akan pindah ke klub yang lebih besar di masa depan, sebuah hal yang tidak diinginkan pihak Torino, namun tampaknya tak akan bisa mereka cegah. Tapi paling tidak, saat ini mereka bisa menikmati keindahan permainan Belotti, dan juga gol-golnya yang ia cetak. Ya, mumpung masih ada waktu, para pendukung Torino harus menikmatinya, sebelum akhirnya ia benar-benar pamit dari Il Toro.

Featured Image : www.101greatgoals.com

Advertisements

2 thoughts on “Belotti Yang Makin Membuat Kita Jatuh Hati

  1. Semoga nasibnya nggak kayak Ciro Immobile yang moncer di Italia tapi melempem di Jerman dan Spanyol. Sepertinya Belotti lebih baik gabung ke klub-klub raksasa Italia dulu. Roma, Napoli, atau Inter mungkin, yang jelas dia harus gabung ke klub yang main di kompetisi eropa.

    Liked by 1 person

    1. Semoga ya mas. Tapi saya yakin dia lebih bagus dari immobile karena skrg dia udah teruji lebih banyak. Dia jg masuk timnas pas masih babak kualifikasi. Dulu immobile terlalu dibesar2kan. Pas masuk piala dunia pun itu cuma untung2an Prandelli aja, capsnya pun cuma partai persahabatan, makanya pas dia dibeli Dortmund jg masih belum meyakinkan.

      Tapi saya setuju kalo lebih baik dia main di italia dulu. Atau kalau pindah ya ke madrid, chelsea, atau munchen yg pelatihnya udah terbiasa dengan gaya sepakbola italia.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s