Kumpulan Quotes Menarik Tentang Ferenc Puskas

Semua pemerhati sepakbola pasti tahu nama Ferenc Puskas. Kita juga tahu ia sudah wafat pada tahun 2006 lalu karena penyakit pneumonia. Seandainya ia masih hidup, pada tanggal 2 April ini ia akan genap berusia 90 tahun.

Puskas merupakan salah satu striker tersubur di Eropa, bahkan dunia. Meski bertubuh pendek, gemuk, lemah di udara, dan ‘hanya’ mengandalkan kaki kirinya, catatan prestasinya mengatakan bahwa ia adalah penyerang dengan kemampuan luar biasa.

Ya, semua kekurangan itu ternyata bukanlah halangan baginya untuk mencetak banyak gol dan menjadi sosok yang menakutkan bagi para bek lawan. Bayangkan saja, selama ia berkarir sebagai pesepakbola, ia sudah berhasil mencetak 616 gol dari 620 penampilan di level klub. Bersama negeri kelahirannya, Hungaria, ia mencetak 83 gol dari 84 penampilan, sebuah catatan rasio yang sulit untuk disamai oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sekalipun.

Bahkan Jonathan Wilson, kolumnis ternama Guardian, mengatakan bahwa Puskas adalah 1 dari 2 pesepakbola terbaik di Eropa, bersama dengan legenda Belanda, Johann Cruyff. Wilson menganggap ia lebih baik dari George Best, Franz Beckenbauer, Michel Platini, atau Zinedine Zidane sekalipun.

Memang, siapa yang bisa meragukan kehebatan Puskas? Bahkan generasi yang tak pernah melihatnya bermain langsung seperti saya pun tak berani melakukannya. Selain catatan golnya yang mentereng, gelar yang ia raih pun jumlahnya seabreg untuk ukuran zaman itu. Selama bermain, Puskas berhasil meraih gelar liga Hungaria 5 kali, liga Spanyol 5 kali, Copa Del Rey 1 kali, Piala Champions 4 kali, serta Piala Interkontinental 1 kali. Bagaimana dengan raihan individu? Sama saja, bahkan terlalu banyak untuk disebut. Salah satunya yang paling terkenal adalah 8 kali menjadi pencetak gol terbanyak di liga (4 kali di Spanyol dan 4 kali di Hungaria).

Jangan lupakan juga, ia termasuk bagian dari generasi emas timnas Hungaria yang dijuluki Magical Magyars, yang sangat disegani di dunia kala itu. bersama Magical Magyars, ia meraih medali emas Olimpiade Helsinki 1952 dan hampir saja  menjadi juara dunia tahun 1954 jika saja ia tak kalah dari Jerman Barat di final. Saat final, Puskas bermain dalam kondisi baru sembuh dari cedera, namun masih bisa mencetak 2 gol, 1 diantaranya dianulir karena dianggap off-side.

Puskas bisa dibilang adalah sosok yang berhasil membuat kagum banyak orang. Pemain yang pernah memperkuat dua negara di Piala Dunia (bersama Hungaria di tahun 1954 dan bersama Spanyol di tahun 1962) ini juga dikenal sebagai sosok yang tak egois.

Contohnya saja saat di musim pertamanya membela Real Madrid. Hingga partai terakhir liga, ia hanya tertinggal satu gol dari rekannya, Alfredo Di Stefano di daftar pencetak gol terbanyak liga Spanyol. Namun, saat ia memiliki kesempatan untuk mencetak gol, ia malah memberikannya kepada Alfredo agar ia saja yang mencetak gol. Puskas melakukannya karena tak mau menurunkan moral rekannya itu. Di akhir musim itu, pemain yang namanya diabadikan oleh FIFA sebagai nama penghargaan gol terbaik ini berhasil mencetak 21 gol dan Alfredo pun menjadi top skor dengan 23 gol.

Ya, itu hanyalah salah satu kehebatan Puskas. Tak heran bila banyak orang yang berbicara hal hebat mengenai dirinya. Oleh karena itu, untuk mengenang Puskas di hari kelahirannya ini, saya ingin merangkum beberapa quotes terkait Puskas yang saya rasa cukup mewakili statusnya sebagai salah satu putra kebanggaan Hungaria, dan mungkin juga Spanyol. Ini dia kumpulan quotes tersebut.

  1. Hungaria = Puskas

‘Jika kamu pergi ke Venezuela, Napoli, atau Australia, dan kamu mengatakan kamu dari Hungaria, maka orang akan mengucapkan “Puskas”. Ya, itu sudah menjelaskan semuanya.’ – Gyorgy Karpati, pemenang 3 medali emas Olimpiade cabang polo air bersama timnas Hungaria

  1. Tak masuk diakal

‘Di masanya, tak perlu diragukan lagi, ia adalah pemain yang spesial. Mengapa Hungaria-nya gagal menjuarai Piala Dunia 1954, itu berada di luar nalar saya.’ – Sir Alex Ferguson, manajer tersukses Manchester United

  1. Usia hanyalah angka

‘Aku sedang bersama (Bobby) Charlton, (Denis) Law, dan Puskás. Kami saat itu sedang melatih sebuah akademi sepakbola di Australia. Para anak-anak muda yang sedang kami latih tak menghargainya (Puskás), bahkan menertawakan usia dan berat badannya.

Akhirnya kami meminta anak-anak tersebut menujuk satu pelatih dan menantangnya untuk menendang bola ke arah mistar gawang sebanyak 10 kali beruntun. Jelas, mereka menunjuk si pelatih gemuk itu (Puskás). Law bertanya pada anak-anak itu, berapa kali ia akan berhasil. Sebagian besar mengucapkan kurang dari 5. Aku bilang 10 kali.

Akhirnya si pelatih gemuk itu mulai dan tendangannya berhasil menerpa mistar gawang 9 kali beruntun. Saat tendangan ke-10, ia menendang bola ke atas, kemudian mengontrolnya dengan bahu dan kepala, lalu menendang bola itu dengan tumitnya. Bola tersebut melaju kencang diatas mistar gawang seperti tendangan voli. Anak-anak itu semuanya terdiam. Kemudian salah satu dari mereka bertanya, siapa sebenarnya pelatih gemuk itu. Aku menjawab, “Namanya Mr. Puskás”.’ – George Best, legenda Manchester United dan pemenang Ballon d’or 1968

  1. Cerdas dalam permainan

‘JIka seorang pemain hebat sedang menguasai bola, ia biasanya memiliki visi untuk melihat 3 opsi dalam permainan. Puskas selalu memiliki setidaknya 5 opsi.’ – Jeno Buzanszky, full-back timnas Hungaria era Magical Magyars

  1. Satu kata : Fantastis!

‘Puskas mampu menakuti para kiper dari jarak 30-35 meter. Ia tidak hanya punya tendangan yang powerful, namun juga akurat. Aku pikir ia orang yang jenius.’ – Raymond Kopa, legenda sepakbola Prancis, rekan setim Puskas di Real Madrid, dan peraih Ballon d’or 1958

‘JIka ia (Puskas) menendang bola sekali, maka ia mencetak gol dua kali.’ – Zoltan Czibor, pemain sayap kiri timnas Hungaria era Magical Magyars

Featured Image : youtube.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s