Perjuangan Maksimal Barcelona

Tidak ada remontada untuk Barcelona kali ini. Juventus-lah yang akhirnya lolos ke semifinal Liga Champions 2016/17. Pada partai leg kedua perempat final yang berlangsung di kandang Barcelona yang angker, Camp Nou, 19 April kemarin, tidak ada gol yang tercipta sama sekali dalam 90+4 menit yang diberikan untuk kedua tim.

Hasil ini membuat keunggulan agregat 3-0 untuk Juventus tak berubah sama sekali dan membuat anak-anak asuh Luis Enrique ini harus mengubur mimpi mereka untuk meraih gelar Liga Champions yang ke-6 musim ini.

Ya, menyedihkan memang. Kebangkitan yang digadang-gadang pihak Barcelona selama seminggu terakhir sejak berakhirnya leg pertama ternyata tak muncul tadi malam. Meskipun bermain sangat menyerang, mereka gagal menembus pertahanan Juventus.

Serangan semu Barcelona

Sebelum pertandingan, kapten Barcelona, Andres Iniesta, mengatakan bahwa opsi yang mereka punya hanyalah menyerang, tak ada yang lain. Memang benar, bila kamu ketinggalan tiga gol dan hanya punya waktu 90 menit untuk setidaknya menyamakan kedudukan, apalagi yang bisa dilakukan? Dan itulah yang dilakukan Barcelona sepanjang laga.

Sayangnya, serangan Barcelona mudah diredam. Level berbahayanya terlalu kecil. Memiliki 61 persen penguasaan bola dan hanya membuat 1 tembakan ke gawang dari 19 kali percobaan tentu bukanlah sebuah catatan bagus. Hal ini malah menunjukkan bahwa mereka kesulitan menembak dengan akurat karena penjagaan lawan yang ketat.

messi pulsedotng
Ia-lah orang yang mencatatkan 1 tembakan ke gawang Barca tadi malam. (Foto: pulse.ng)

Pertahanan Juventus memang disiplin. Mereka benar-benar sadar dengan posisi 11 pemain Barcelona di setiap sudut lapangan. Tak ada yang tak terawasi. Bahkan, sesekali terlihat seperti man-to-man marking, meski tidak selalu ditempel ketat. Penjagaan berlapis terhadap seorang pemain pun sering dilakukan, terutama di daerah pertahanan Juventus sendiri.

Jikalau ada pemain yang lolos, misalnya Neymar lolos dari pengawalan Dani Alves, maka bek tengah seperti Leonardo Bonucci atau Giorgio Chiellini sudah siap menutup kemungkinan umpan silang ataupun tusukan yang dilakukannya. Pergerakan para pemain Barcelona sudah terbaca.

barca mirror
Tak ada ruang buat Suarez sekalipun. (Foto: mirror)

Serangan Barcelona pun terlihat seperti diarahkan oleh Juventus. Penumpukan pemain Juventus di tengah kotak penalti membuat serangan lewat sayap menjadi yang utama. Sadar bahwa umpan silang dan tusukan dari sayap sering gagal, Barcelona juga mengupayakan serangan lewat tengah, baik lewat umpan satu-dua ataupun through ball.

Bahkan, di babak kedua para pemain Barcelona semakin memaksakan untuk membawa bola lewat jalur tengah, meski tak menghentikan serangan lewat sayap. Memang serangan Barcelona terlihat lebih berbahaya saat dilakukan lewat jalur tengah. Sergi Roberto dan Neymar pun ikut menusuk ke tengah lapangan. Namun mereka tetap gagal mencetak gol.

Keberhasilan Gianluigi Buffon mengomando pertahanan Juventus membuat ia tak perlu bersusah payah melakukan banyak penyelamatan. Rapatnya pertahanan Juventus sudah cukup untuk memblokir umpan-umpan pemain Barcelona dan membuat mereka susah menemukan ruang tembak yang baik.

Apalagi setelah pelatih Juventus, Max Allegri, memasukkan Andrea Barzagli, Mario Lemina, dan Kwadwo Asamoah yang bertipe defensif di 15 menit terakhir babak dua, semakin sulit-lah Barcelona mencari kesempatan mencetak gol.

Hasrat remontada yang terjaga sampai akhir

Meskipun akhirnya gagal mencetak gol, ada hal menarik yang terlihat dalam permainan Barcelona tadi malam. Bukan dari segi teknis, namun dari segi semangat bertanding.

Sepanjang laga, tak terlihat bahwa mereka akan menyerah, bahkan sampai kesempatan terakhir. Rasa frustrasi karena gagal menciptakan gol memang muncul, dan itu wajar. Namun Blaugrana terus mencoba mencari cara untuk mencetak gol, meskipun terus dipatahkan barisan pertahanan Bianconeri.

Seusai pertandingan pun, Neymar tak kuasa menahan tangisnya. Mulai dari Dani Alves, Juan Cuadrado, hingga Sergio Busquets pun harus menghiburnya. Ya, tangis itu keluar karena ia sudah bermain semaksimal mungkin untuk mencetak gol sampai kesempatan terakhir. Apalagi penampilannya tadi malam sangat terlihat. Ia berulang kali berusaha keras membongkar pertahanan Juventus.

neymar the sun.jpg
Dia sudah berusaha semampunya. (Foto: the sun)

Bukan hanya itu. Jika kita melihat suporter Barcelona yang memenuhi Camp Nou, mereka pun tetap tersenyum, bahkan sampai injury time. Sesekali wajah-wajah diam dan murung memang tersorot, namun teriakan dukungan tetap berjalan. Ucapan Luis Enrique sebelum pertandingan yang meminta suporter untuk tak meninggalkan stadion setelah menit 80 benar-benar dituruti.

Harapan untuk mengulangi kisah pembantaian Paris Saint-Germain di babak 16 besar kemarin memang sangat besar, dan suporter percaya pemain Barcelona bisa melakukannya.

Memang, hanya butuh satu gol untuk dijadikan momentum kebangkitan, dan itulah yang mereka tunggu-tunggu sampai akhir pertandingan. Meski hasilnya bertepuk sebelah tangan, namun dukungan suporter Barcelona sangatlah luar biasa.

barca belfasttelegraph
Mereka terus bersorak sampai akhir. (Foto: belfasttelegraph)

Kombinasi semangat para pemain dan suporter Barcelona inilah yang membuat pertandingan tadi malam begitu terasa menegangkan untuk suporter Juventus dan kelegaan baru muncul ketika peluit akhir pertandingan berbunyi.

***

Meski Barcelona gagal melaju ke semifinal Liga Champions, setidaknya mereka sudah kalah terhormat. Memang catatan positif mereka di kandang sendiri akhirnya sedikit rusak oleh Juventus, namun mereka menunjukkan bahwa sebelum pertandingan berakhir mereka terus berjuang menekan Juventus.

Semangat positif para pemain dan suporter ini tentunya tidak boleh berakhir begitu saja. Apalagi mereka akan menghadapi Real Madrid di akhir pekan nanti. Jika mereka bisa menang, maka harapan menjuarai La Liga bisa semakin terbuka dan membuat Madrid, sang pemuncak klasemen, semakin tertekan.

Ya, terlepas dari masalah teknis, ada hal positif yang bisa mereka ambil dari hasil tadi malam, yaitu semangat untuk bangkit, yang hendaknya bisa mereka manfaatkan sampai akhir musim. Jadi, tak perlu bersedih, Barca, karena kalian sudah berjuang maksimal kali ini.

Featured Image : espnfc.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s