Salah Sendiri Ga Jaga Messi!

Keberhasilan Lionel Messi meraih penghargaan Ballon d’Or sebanyak 5 kali bukanlah dikarenakan menang undian koin, tapi karena kemampuannya memang luar biasa. Tak ada yang menyangkal bahwa ia adalah salah satu pemain terbaik di dunia.

Oleh karena itu, akan menjadi sebuah keanehan bila pemain sekelas ia tak dijaga oleh pemain lawan dan dibiarkan bergerak bebas. Lebih aneh lagi bila yang melakukannya adalah tim sekelas Real Madrid.

Ya, dalam partai bertajuk El Classico yang berlangsung 23 April kemarin, Barcelona berhasil mengalahkan Madrid dengan skor 3-2. Yang menyakitkan, partai itu berlangsung di stadion Santiago Bernabeu, kandang Madrid, dan gol penentu kemenangan Barcelona yang dicetak Messi terjadi di injury time babak kedua, 13 detik sebelum pertandingan selesai.

Lebih parahnya, Messi mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut dalam posisi tak dijaga! Memang, pergerakannya yang cepat membuat siapapun kesulitan menjaganya. Bahkan Sergio Ramos sampai terkena kartu merah karena menekel Messi dengan dua kaki (meski Messi terlihat diving), dan Casemiro hampir mengalami hal yang sama di babak pertama. Tapi para pemain Madrid sudah bertemu Messi berkali-kali di lapangan, sehingga aneh bila mereka bisa sampai selengah itu.

sergio-ramos-lionel-messi-cropped_18vzrnr5u32ds1o11iw08ca4c2
Tekel dua kaki Ramos menunjukkan pertahanan Madrid yang jebol. (Foto: goal.com)

Pada gol pertama, dimulai dari serangan yang dibuatnya, Messi langsung melakukan umpan satu-dua dengan Sergio Busquets dan Ivan Rakitic, dimana bola berakhir kembali di kakinya. Setelah itu, Messi langsung melakukan akselerasi melewati Luka Modric dan Dani Carvajal, sebelum akhirnya melepaskan tembakan yang berbuah gol.

Namun yang harus diperhatikan adalah, betapa mudahnya para pemain Madrid memalingkan perhatian mereka dari Messi, meninggalkan ruang gerak untuknya, dan justru terfokus pada pemain lain. Padahal ada 6 pemain Madrid yang terlibat aktif menjaga pertahanan saat itu. Ramos, Casemiro, dan Nacho Fernandez justru malah terfokus pada Rakitic.

giphymessi1
Bisa-bisanya Messi dibiarin lari bebas kaya gitu.

Apa hukumannya jika tidak menjaga pemain terbaik dunia? Kebobolan.

Gol kedua Messi lebih ngaco lagi. Dimulai dari serangan balik yang dilancarkan oleh Sergi Roberto, Messi benar-benar tak terkawal sama sekali sejak tengah lapangan. 5 pemain Madrid yang berlari dengan kencang untuk bertahan justru terfokus pada Sergi yang membawa bola dan 3 pemain Barcelona yang maju lewat sisi kanan pertahanan Madrid.

Memang benar, saat serangan memasuki kotak penalti, Madrid kalah jumlah (5 lawan 6) karena Gerard Pique dan Rakitic juga ikut maju, namun tetap saja 5 orang itu terfokus pada bola di sisi kanan, sampai akhirnya Jordi Alba mengumpan bola itu ke Messi.

Matteo Kovacic, pemain Madrid ke 6 yang mundur, terlihat tak mempercepat larinya, sehingga ia pun tak bisa membantu pertahanan Madrid, apalagi menghadang Messi yang sudah siap untuk melepaskan tembakan. Bahkan, jika diperhatikan, ia juga melihat ke arah Alba, bukan Messi. Jadi, Messi benar-benar dicuekin semua pemain Madrid!

giphymessi2
Mirip gol-nya Dybala waktu Juve ngalahin Barca, kan?

Tahu apa akibatnya kalau nyuekin pemain terbaik dunia? Kalah.

***

Secara keseluruhan, Messi berhasil melepaskan 4 tembakan ke gawang dan 7 dribel sukses pada pertandingan tersebut. Padahal, 4 hari sebelumnya, Messi mengalami kesulitan saat melawan Juventus di perempat final Liga Champions. Ia hanya mencetak 1 tembakan ke gawang dan 1 kali dribel berhasil saat itu, dan gagal membawa Barcelona lolos ke semifinal.

Meskipun tak bisa dibilang sebagai faktor utama, nyatanya lepasnya Messi dari pengawalan cukup memberi pengaruh yang amat besar bagi kekalahan Madrid kali ini.

Terlepas dari kenyataan mereka bermain dengan 10 orang sejak 15 menit terakhir, tampaknya Madrid tak belajar dari keberhasilan Juventus meredam pergerakan Messi. Sekarang mereka merasakan akibatnya. Kalah, ditempel ketat Barcelona di klasemen La Liga, dan membuat diri mereka sendiri tak nyaman sampai akhir musim.

Ya, siapa suruh ga jaga Messi tadi malem.

Featured Image : thesun.co.uk

Advertisements

2 thoughts on “Salah Sendiri Ga Jaga Messi!

  1. Menurut saya kedua tim sama-sama punya pertahanan yang buruk. Barca juga pas kondisi unggul 2-1 dan unggul jumlah pemain beberpa kali masih bisa kecolongan serangan balik.

    Karena itu saya yakin final UCL akan mempertemukan Atletico melawan Juve

    sori kalau oot mas, hahaha

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s